5 Area Tubuh yang Sering Diabaikan saat Menggunakan Tabir Surya

Melindungi kulit dari sinar matahari mestinya tidak hanya jadi kebiasaan musim panas. Bahkan saat matahari tertutup awan dan di dalam ruangan pun, sinar ultraviolet bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini. Aplikasinya pun tidak hanya di wajah dan leher. Banyak area tubuh lain yang juga membutuhkan tabir surya, tapi sering kali terlewat.

Jadi, ketika mengoleskan tabir surya, jangan lupakan area tubuh ini karena ini termasuk area teratas tempat kanker kulit berkembang.

1. Telinga

Telinga termasuk area yang sulit diaplikasikan tabir surya karena memiliki banyak lipatan. Tapi bagian ini juga mendapatkan banyak sinar matahari meski memiliki rambut panjang, jadi jangan lewatkan. Apalagi, telinga adalah lokasi paling umum ketiga untuk kanker kulit. Oleskan tabir surya krim spektrum luas SPF 30 atau lebih tinggi untuk meminimalkan risiko.

2. Kelopak mata

Kulit di sekitar mata tipis sehingga rentan terhadap kanker kulit serta tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan bintik matahari. Kanker kulit pada kelopak mata menyumbang hingga 10 persen dari semua kanker kulit. Untuk perlindungan tanpa perih, pilih tabir surya mineral yang mengandung titanium dioksida atau seng oksida, atau gunakan krim mata yang mengandung SPF.

3. Bibir

Kanker kulit juga dapat berkembang di bibir. Untungnya, melindungi area ini sederhana. Yang Anda butuhkan hanyalah lip balm dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Ini adalah praktik yang baik untuk membantu mencegah perkembangan kanker kulit dan kerutan di area tersebut. Tabir surya juga mencegah hiperpigmentasi pada bibir.

4. Leher & Dada

Ketika keluar rumah, tabir surya tak boleh dilewatkan diolehkan di leher dan dada. Sekitar 20 persen dari semua kasus melanoma baru ditemukan di daerah kepala dan leher. Gunakan seng oksida tipis di dada dan leher.

5. Kaki

Kecuali mengenakan sepatu yang menutup seluruh kaki, area ini mungkin menyerap banyak sinar. Telapak kaki lebih terlindungi karena lapisan tebal sel kulit mati. Tetapi jika bagian bawah kaki, misalnya karena berbaring di tepi pantai, sebaiknya menerapkan tabir surya ke area ini karena melanoma juga dapat berkembang di sana.

Tinggalkan Balasan