Ini Alasan Mengapa Kucing Suka Dibelai

Umumnya kucing menyukai jika dibelai oleh pemiliknya. Ternyata kebiasan tersebut ada fakta ilmiah di baliknya.

Dilansir dari laman The Spruce Pets, Jumat. 27 Agustus 2021, hewan ini cenderung suka berkomunikasi dengan kucing lainnya dengan mengelus, menggosok, dan merawat satu sama lain.

Ini akan mengirim feromon ke kucing lain yang membantu mereka mengidentifikasi satu sama lain. Meskipun manusia dan kucing jelas berbeda, tetapi kucing suka berkomunikasi dengan manusia seolah-olah kita adalah kucing.

Umumnya, kucing menyukai sentuhan fisik sejak mereka masih jadi kitten atau anak kucing. Induk kucing menjilat anaknya untuk merawat dan menjaganya tetap bersih.

Saat melakukan tindakan itu, hormon cinta oksitosin melonjak pada ibu dan anak kucing yang menjadikan pengalaman itu menyenangkan. Saat Anda membelai kucing, sensasi serupa juga dirasakan oleh si kucing.

Tetapi, tak semua kucing suka dibelai. Beberapa kucing akan menggeram, mendesis, memukul, bahkan menggigit ketika Anda mencoba mengelusnya.

Beberapa kucing hanya menerima belaian dari orang yang ia percaya dan menolak saat dibelai orang asing. Ini karena kucing membutuhkan kepercayaan supaya ia merasa aman.

Jika begini, biarkan kucing mengendus dan memperhatikan Anda sebelum Anda mengelusnya. Duduk atau jongkok adalah posisi yang baik untuk menunjukkan Anda bukan ancaman.

Jagalah tangan Anda agar tetap rileks di dekat kucing, tetapi jangan menjangkau terlalu dekat kucing. Kucing mungkin mengecup tangan Anda atau menggosok badannya. Ini adalah pertanda mereka bisa menoleransi belaian lembut.

AMELIA RAHIMA SARI

Tinggalkan Balasan