Investasi Aman yang Sangat Recommended

Mengamankan keuangan yang Anda miliki merupakan sesuatu hal yang perlu untuk dilakukan. Karena dengan begitu Anda tidak akan kesusahan mengenai masalah finansial di masa mendatang. Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam mengamankan keuangan tersebut yaitu dengan melakukan kegiatan investasi. Berikut ini adalah beberapa contoh investasi Aman yang bisa Anda coba.

Apa Saja Investasi Aman yang Sangat Recommended?

 

Deposito

Beberapa orang menganggap deposito dan tabungan merupakan sesuatu yang sama, padahal di sini keduanya berbeda. Nasabah deposito bisa menyimpan uang mereka di dalam deposito sesuai dengan jangka waktu yang sebelumnya telah ditentukan. Hal itu berbeda dengan tabungan yang di sini adalah produk simpanan, sedangkan deposito merupakan produk investasi.

Biasanya nilai keuntungan dari investasi tak ada yang dapat menjaminnya, kecuali deposito ini. Di dalam deposito nantinya Anda akan memperoleh imbal hasil yang telah disepakati sebelumnya. Deposito adalah instrumen investasi yang sangat aman, karena di sini telah dijamin oleh lembaga penjamin simpanan.

Hasil investasi pun sudah dapat diprediksi dengan jumlah atau nilai yang pasti. Namun jika dibandingkan dengan jenis investasi lain, maka imbal hasil yang diperoleh dari deposito ini memang paling kecil. Tapi meski begitu bunga yang diberikan lebih besar jika dibandingkan dengan menabung biasa.

Obligasi

Obligasi sangat aman terlebih yang dikeluarkan oleh pemerintah di dalam bentuk obligasi ritel Indonesia. Tingkat pengembalian investasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan deposito.

Reksadana

Jika Anda ingin investasi yang jauh lebih tinggi dibanding deposito serta obligasi, namun dirasa liquid seperti emas, maka Anda bisa mencoba investasi dalam bentuk reksadana. Reksadana ini termasuk dalam instrumen investasi yang sangatlah aman serta menguntungkan, asalkan di sini Anda tahu mengenai bagaimana cara penempatannya.

Penting untuk Anda ketahui Reksadana mempunyai banyak sekali jenis. Jika di sini Anda belum pernah berinvestasi memakai reksa dana, maka sangat direkomendasikan untuk Anda mencobanya. Terlebih saat ini telah banyak aplikasi yang mendukung kegiatan investasi menggunakan Reksadana tersebut. Sehingga dengan begitu akan membuat Anda jauh lebih mudah dalam melakukan kegiatan investasi reksadana ini.

Properti

Properti bisa dilakukan di dalam bentuk toko, tanah, rumah maupun apartemen. Investasi tersebut relatif aman serta mempunyai risiko yang terbilang rendah. Hal tersebut disebabkan karena harga jual yang lebih stabil serta merangkak naik dari tahun ke tahun.

Kelemahan dari aktivitas investasi properti yaitu modal awal yang diperlukan relatif cukup besar. Anda nantinya perlu membobol tabungan dengan jumlah yang tidak sedikit saat ingin melakukan kegiatan investasi properti.

Logam Mulia

Hampir serupa dengan properti investasi, logam mulia nilainya relatif stabil serta merangkak naik dari tahun ke tahun. Modal awal untuk melakukan investasi logam mulia seperti contohnya emas tidak terlalu besar. Di sini Anda sudah bisa memiliki emas batangan 1 gram dengan harga di bawah satu juta. Selain itu, investasi dalam logam mulia ini terbilang liquid.

Sehingga dengan begitu ketika Anda memerlukan uang tunai Anda dapat langsung menjual emas yang Anda miliki. Untuk kelemahannya sendiri investasi emas terdapat pada penyimpanannya. Bentuk emas yang di sini sangat ringkas membuat emas mudah sekali dicuri. Supaya aman maka Anda bisa menyimpan emas tersebut di jasa penyimpanan emas pegadaian.

Selain itu emas juga termasuk instrumen investasi jangka panjang, agar bisa memperoleh keuntungan yang lebih maksimal, Anda disarankan untuk menyimpan emas setidaknya 3 tahun.

Tabungan Berjangka

Untuk Anda yang masih ragu ingin memulai investasi bisa dengan cara menabung lebih dahulu, tapi bukan di produk tabungan biasa melainkan di gabungan berjangka. Berbeda dengan tabungan biasa, karena melalui produk tabungan berjangka tersebut Anda menyimpan uang dan tidak bisa diambil hingga jangka waktu tertentu.

Namun nantinya Anda akan memperoleh imbal hasil atau bunga yang lebih tinggi dibanding tabungan biasa. Besaran bunga yang didapat bisa mencapai 4,2% tiap tahunnya.

P2P Lending

P2P lending Indonesia merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk pengembangan dana dan tengah diminati saat ini. P2P lending menghubungkan antara mereka para peminjam dan pemberi pinjaman.

Anda sebagai pemberi pinjaman dapat meminjamkan sejumlah dana pada beberapa peminjam yang kebanyakan merupakan pelaku UMKM. P2P lending ini bisa Anda mulai hanya dengan dana yang kecil, yaitu sebesar 100.000 saja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan