Makanan Ini Menunjang Pemeliharaan Berat Badan yang Lebih Sehat

Dalam hal menjaga berat badan yang sehat, salah satu faktor terpenting adalah memberi nutrisi pada tubuh Anda dengan makanan yang kaya nutrisi. Dan menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, ada satu bahan yang dikaitkan tidak hanya dengan berat badan yang lebih sehat dan ukuran pinggang yang lebih kecil, tetapi juga sedikit konsumsi makanan yang rendah nutrisi.

Melansir laman Mind Body Green, untuk penelitian ini, Yasmine Probst Ph.D., seorang profesor di University of Wollongong di Australia, ingin mengeksplorasi efek alpukat pada berbagai metrik kesehatan. Untuk melakukan ini, dia dan tim peneliti menganalisis penelitian yang ada dalam survei Nutrisi dan Aktivitas Fisik Nasional Australia dari 2011 hingga 2012.

Mereka melihat informasi tentang konsumsi alpukat di seluruh populasi Australia, serta konsumsi nutrisi dan kelompok makanan lain, dan ukuran tubuh seperti berat badan dan lingkar pinggang. Berdasarkan analisis tim, alpukat sangat terkait dengan sejumlah indikator kesehatan yang positif.

Untuk satu hal, Probst mencatat dalam rilis berita, peningkatan asupan alpukat berkorelasi dengan berat badan yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil. “Kemudian, kami memperhatikan bahwa konsumsi alpukat yang lebih besar juga dikaitkan dengan konsumsi makanan (sampah) yang jauh lebih rendah,” tambahnya.

Hasil ini sejalan dengan apa yang telah lama kita ketahui tentang alpukat. Sebagai sumber lemak sehat yang sangat baik, alpukat juga rendah karbohidrat dan tinggi serat, jadi itu adalah pilihan yang bagus untuk menjaga diri Anda tetap kenyang. Alpukat juga kaya akan vitamin dan mineral, dengan penulis penelitian mencatat bahwa alpukat bahkan bertindak sebagai “peningkat nutrisi” ketika dimakan dengan makanan lain, karena begitu banyak nutrisi yang larut dalam lemak. Ketika dikonsumsi sebagai pengganti lemak jenuh, lemak baik dalam alpukat juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat.

Tinggalkan Balasan