Menperin: Insentif PPnBM Nol Persen Dongkrak Penjualan Mobil Sebesar 71 Persen

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa insentif PPnBM nol persen untuk mobil baru berhasil mendongkrak penjualan mobil nasional. Selama periode Maret hingga November 2021, tercatat penjualan mobil meningkat 71,02 persen dengan jumlah terjual sebanyak 487 unit.

“Saya memberikan penghargaan kepada pabrik otomotif dan para dealer yang turut membantu, mendorong, dan memfasilitasi pembeli untuk mendapatkan serta memanfaatkan stimulus ini dengan tambahan promosi dan potongan harga lainnya,” kata Agus dalam keterangan resminya, dikutip Tempo hari ini, Jumat, 10 Desember 2021.

Selain itu, Kebijakan PPnBM ini juga diklaim telah membantu industri kendaraan roda empat untuk bisa mencapai target produksinya di tahun ini, yakni sebesar 850 ribu unit. Sampai periode Oktober 2021, produksi mobil nasional bahkan sudah menyentuh angka 890 ribu unit atau meningkat 62,4 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

kebijakan PPnBM DTP ini juga telah memberdayakan sebanyak 319 perusahaan industri komponen tier 1. Bahkan kebijakan ini juga telah mendorong peningkatan kinerja industri komponen tier 2 dan 3 yang sebagian besar termasuk kategori industri kecil dan menengah.

Kemenperin sendiri telah mengusulkan insentif PPnBM nol persen ini agar bisa dipermanenkan. Namun ada syarat yang harus dipenuhi produsen mobil agar usulan ini terealisasi, yakni tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) atau local purchase sebuah mobil harus mencapai minimal 80 persen.

Tinggalkan Balasan