Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Kelebihan SSD di Laptop, Guru SMK Latih Animasi

Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang media penyimpanan laptop keluaran anyar lazim menggunakan solid state drive (SSD) ketimbang hard disk drive (HDD). Kecepatan dan bobot yang ringan serta dimensi yang tipis adalah beberapa alasan mengapa SSD semakin digandrungi pabrikan laptop-laptop terbaru daripada HDD.

Berita terpopuler selanjutnya tentang guru animasi dan matematika SMK Negeri 11 Semarang, Diyarko, punya cara tak biasa dalam mendidik siswanya agar mencintai dunia animasi dan mau tekun menguasai bidang itu. Sejumlah anak didiknya di kelas 1 (kelas X) sekolah itu diketahui sudah fasih membuat karya animasi dan berhasil ditarik magang di berbagai industri animasi tanah air.

Selain itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap pertambahan cepat kasus Covid-19 varian Omicron di dunia. Dua pekan lalu, jumlah kasus Omicron di dunia yang terdeteksi masih sebanyak 7.900. Namun, jumlah tersebut sudah naik menjadi 62.342 kasus pada pekan lalu.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno.

1. Jeroan Laptop: Kelebihan dan Kekurangan SSD dibanding Hard Disk

Laptop keluaran anyar lazim media penyimpanannya sudah menggunakan solid state drive (SSD) ketimbang hard disk drive (HDD). Kecepatan dan bobot yang ringan serta dimensi yang tipis adalah beberapa alasan mengapa SSD semakin digandrungi pabrikan laptop-laptop terbaru daripada HDD.

Dilansir dari laman kingston.com, setidaknya terdapat empat kelebihan SSD dibanding HDD, di antaranya SSD mampu membuat waktu boot perangkat lebih singkat, transfer data yang lebih cepat, dan bandwidth yang lebih tinggi.

Dengan kecepatan yang tinggi, SSD dapat lebih diandalkan daripada HDD dalam dunia bisnis yang sering mengakses data dalam jumlah besar.

Sebagai perbandingan, HDD biasanya hanya mampu mencapai performa tulis 50-120 MB/detik. Sedangkan SSD, bahkan yang paling lambat yaitu jenis SATA, mampu mencapai performa hingga 550 MB/detik.

2. Cara Unik Guru SMK di Semarang Latih Siswanya Kuasai Animasi

Guru animasi dan matematika SMK Negeri 11 Semarang, Diyarko, punya cara tak biasa dalam mendidik siswanya agar mencintai dunia animasi dan mau tekun menguasai bidang itu. Sejumlah anak didiknya di kelas 1 (kelas X) sekolah itu diketahui sudah fasih membuat karya animasi dan berhasil ditarik magang di berbagai industri animasi tanah air.

“Dalam pembelajaran yang saya lakukan, saya menerapkan sistem mentoring, menerjemahkan kurikulum dasar agar tidak melulu berorientasi materi ketrampilan, tapi olah laku untuk membangun empati siswa mencintai yang dia kerjakan,” tutur Diyarko saat hadir di Festival Sekolah Menyenangkan yang digelar Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Yogyakarta, Senin 20 Desember 2021.

Diyarko yang turut menerima penghargaan sebagai guru terbaik oleh Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam festival itu mengatakan, dunia animasi yang diampunya berfokus pada pembuatan film. Menurutnya siswa tak cukup membuat karya animasi berkualitas hanya dengan mengandalkan penguasaan materi teknis.

Dia menegaskan kebutuhan budaya kerja yang baik. “Untuk membangun budaya kerja yang baik ini, saya coba berikan challenge pertama pada anak didik berupa bagaimana cara merapikan tempat tidur mereka sendiri di rumah secara baik,” kata Diyarko.

3. Sebut Kasus Omicron Dunia Bertambah 8 Kali Lipat, Menkes Perkuat PeduliLindungi

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap pertambahan cepat kasus Covid-19 varian Omicron di dunia. Dua pekan lalu, jumlah kasus Omicron di dunia yang terdeteksi masih sebanyak 7.900. Namun, jumlah tersebut sudah naik menjadi 62.342 kasus pada pekan lalu.

“Jadi, kenaikan (kasus Omicron) lebih dari delapan kali lipat dalam sepekan di dunia,” kata Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers PPKM yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin 20 Desember 2021.

Disebutkannya, jumlah negara yang telah terinfeksi varian tersebut ikut bertambah menjadi 97 setelah dua pekan lalu hanya ada 72 negara. Bertambahnya jumlah negara tersebut kemudian ikut mengubah posisi negara dengan kasus Omicron tertinggi di dunia. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.

Tinggalkan Balasan